TIFFANEWS.CO.ID,- Dalam upaya mendukung potensi UKM jajanan lokal Indonesia, serta meningkatkan kesadaran publik tentang peluang besar yang dimiliki produk-produk UKM Indonesia, Kata Oma Telur Gabus mengumumkan penyelenggaraan kompetisi jurnalistik bertajuk “Ayo UKM, Tunggu Apalagi?”. Kompetisi ini merupakan bagian dari kampanye ‘Tunggu Apalagi?’ yang bertujuan untuk mengangkat kisah sukses UKM jajanan lokal Indonesia yang berhasil menembus pasar global.
“Kami sangat antusias untuk melihat berbagai cerita inspiratif tentang kesuksesan UKM Indonesia, khususnya dalam industri jajanan lokal. Kata Oma Telur Gabus adalah bukti nyata bahwa dengan inovasi dan kualitas yang terus terjaga, produk lokal kita dapat bersaing dan mendapatkan tempat di pasar global. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak UKM untuk terus berinovasi dan memiliki keyakinan untuk memperluas jangkauan pasar mereka.” kata Furiyanti, Senior Brand Manager Kata Oma Telur Gabus, menyampaikan,
Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para jurnalis untuk menggali dan membagikan cerita inspiratif tentang keberhasilan UKM Indonesia, terutama di sektor jajanan lokal. Diharapkan, melalui kompetisi ini, akan ada lebih banyak diskusi mengenai potensi industri jajanan lokal Indonesia di pasar internasional.
Paulus Tri Agung Kristanto, Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers dari Dewan Pers, yang juga menjadi salah satu juri dalam kompetisi ini, menambahkan, Peran media sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan memperkenalkan jajanan lokal Indonesia ke dunia internasional.
“Kami berharap kompetisi ini dapat menjadi platform bagi para jurnalis untuk menggali lebih dalam mengenai potensi UKM Indonesia, serta bagaimana produk lokal dapat bersaing di tingkat global.” kata Tri Agung Kristanto.
Sementara Bagus Rachman, Deputi Bidang Usaha Menengah Kementerian UMKM, menegaskan pentingnya kolaborasi antara media, pemerintah, dan pelaku usaha dalam memajukan UKM Indonesia.
“Sebagai pemerintah, kami terus mendukung UKM untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mereka. Media memiliki peran strategis dalam memperkenalkan UKM kita ke pasar internasional. Kami berharap kompetisi ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan lebih banyak kisah sukses UKM khususnya jajanan lokal yang dapat menjadi inspirasi bagi UKM lainnya untuk mengikuti jejak yang sama,” ujarnya.
Periode Kompetisi: 12 Maret 2025 – 12 Mei 2025. Syarat dan Ketentuan Kompetisi, Peserta: Wartawan media cetak atau online dengan ID Pers. Wajib mengikuti Instagram @kataoma.id dan @unifam.id. Topik Artikel : Cerita inspiratif UKM snack/jajanan lokal Indonesia. Artikel harus mencantumkan kata kunci “Tunggu Apalagi?”dan membagikan kisah sukses Kata Oma Telur Gabus.
Format Artikel: Gaya: Berita, feature, atau opini (500-1000 kata); Sertakan 1 foto atau gambar pendukung; Artikel menggunakan bahasa Indonesia (KBBI); Terbit di media massa antara 12 Maret – 12 Mei 2025 ; Artikel orisinal dan bebas dari ujaran kebencian serta hoaks.
Pengumpulan Artikel: Batas pengiriman: 12 Mei 2025. Kirim artikel dalam format PDF beserta bukti publikasi (link/tangkap layar). Artikel dikirim dengan subject: Nama_Judul Karya_Nomor Handphone Kirim ke: [email protected]
Parameter Penilaian: Kesesuaian dengan tema. Isi artikel: Originalitas, Kelengkapan (Kualitas), Kepatuhan (Kode etik), Data dan dampak, Tampilan (Foto dan grafis), dan Bahasa
Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Instagram @unifam.id @kataoma.id atau kunjungi website www.unifam.com.