Oleh: Fadhilah Rahma Udin (Siswi SMAIT Ibnu Khaldun Merauke)
TIFFANEWS.CO.ID – Halo sobat pelajar, pernah nggak sih kamu merasa kewalahan dengan tugas sekolah atau kegiatan harian yang seolah nggak ada habisnya? Atau mungkin kamu sering merasa waktu sehari-hari tidak pernah cukup untuk menyelesaikan semuanya? Atau justru kamu bingung untuk membagi waktu antara belajar, bersantai, dan aktivitas lainnya?
Santai, kamu nggak sendirian! Menjadi pelajar yang produktif sekaligus tetap santai memang butuh strategi khusus. Apalagi kalau ingin tetap produktif tapi nggak kehilangan waktu untuk diri sendiri. Kabar baiknya, jadi pelajar hebat yang santai sekaligus produktif itu bukan hal mustahil. Banyak kok pelajar hebat yang mampu menyelesaikan semua kewajiban mereka tanpa kehilangan waktu untuk bersantai. Rahasianya ada pada pengelolaan waktu yang tepat! Dalam artikel ini, kamu akan menemukan cara-cara sederhana tapi efektif untuk tetap produktif tanpa merasa terbebani. Yuk, simak sampai habis dan ubah kebiasaanmu mulai hari ini!
Manajemen waktu adalah salah satu tantangan terbesar bagi pelajar. Bagaimana tidak, kemampuan yang sering dianggap sepele ini memiliki dampak yang sangat besar, terutama bagi kamu, kaum pelajar. Dengan berbagai tugas sekolah, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, hingga waktu untuk bersantai, pastinya kamu sering merasa 24 jam dalam sehari itu tidak cukup. Dampaknya, kamu bisa merasa kelelahan, stres, atau bahkan bingung harus mulai dari mana, sampai akhirnya kamu malah nggak melakukan apa-apa. Rugi banget, kan?
Sobat pelajar, padahal manajemen waktu yang baik adalah kunci untuk menjalani kehidupan dengan lebih terorganisir dan efisien. Dengan mengelola waktu dengan baik, kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, mempersiapkan diri untuk ujian dengan lebih tenang, dan tetap memiliki waktu untuk keluarga, teman, atau sekadar me time. Kamu juga jadi punya kesempatan untuk mengejar hobi yang kamu suka. Lebih dari itu, keterampilan manajemen waktu ini penting untuk masa depan karena akan terus berguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain membantu kamu lebih produktif, manajemen waktu juga mengajarkan kedisiplinan, yang merupakan bekal penting untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
Nah, setelah memahami pentingnya manajemen waktu, sekarang saatnya kita bahas langkah-langkah praktis yang bisa kamu terapkan untuk lebih produktif. Yuk, kita mulai!
1. Mengetahui Skala Prioritas
Menurut James Clear, penulis buku Atomic Habits, perbedaan yang paling menonjol dari orang (sok) sibuk dan orang yang produktif terlihat dari bagaimana dia me-manajemen waktunya. Orang yang (sok) sibuk biasanya punya banyak kegiatan, namun saking banyak kegiatan, malah membuat dirinya tidak fokus. Karena memikirkan banyak kegiatan yang dilakukan, kadang ia berusaha untuk melakukan semuanya namun yang dihasilkan justru tidak maksimal.
Contohnya, sedang mengerjakan tugas, tapi sambil scrolling Instagram atau tiktok, ga jarang juga nih makan tapi sambil nonton youtube dan hal kayak gini biasa disebut multitasking. Kegiatan seperti ini membuat pekerjaan menjadi kurang efektif dan malah mengganggu pekerjaan utama yang akhirnya malah keteteran. Makanya perlu banget nih sobat pelajar untuk mengetahui skala prioritas kita.
Nah, kamu bisa memulai dengan membuat daftar semua tugas yang perlu dilakukan, lalu kategorikan berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya. Fokuslah menyelesaikan tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu, seperti tugas sekolah atau deadline yang kamu punya, dan ingat kerjakan satu persatu agar waktu yang kamu gunkan lebih maksimal. Setelah itu, kerjakan tugas penting lainnya yang meneurut kamu tidak terlalu mendesak, seperti melakuakn hobi, nonton podcast, belajar hal baru asalkan tetap memperhatikan tujuan jangka panjangmu. Dengan memahami dan menerapkan skala prioritas, kamu akan lebih mudah mengatur waktu dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, sehingga kamu ga bingung deh kalau mau memulai mengerjakan suatu pekerjaan. Serta hidup kamu bisa lebih terorganisir dan efektif, jadinya kamu punya waktu lebih untuk sekedar me time, kumpul bareng keluarga, nongkrong bareng teman dan melakukan aktivitas lainnya.
2. Buat batasan waktu yang lebih realistis
Sobat pelajar, pasti dari kamu ada yang perfeksionis banget nih dalam membuat jadwal belajar ataupun jadwal harian. Padahal kamu ga perlu sempurna banget untuk membuat jadwal yang akhirnya malah membuat kamu kebertan untuk ngejalaninnya. Perlu diketahui bahwa manajemen waktu bukan hanya membuat daftar tugas yang harus dikerjakan, tetapi kamu juga harus menetapkan durasi atau batasan waktu untuk setiap tugas. Kamu bisa membuat durasi waktu yang realistis dan sesuai dengan kapasitas dirimu sehingga kamu ga merasa tertekan dan kehabisan energi untuk melakukan tugas-tugas.berikutnya. Dengan cara ini, kamu lebih santai untuk melakukan semua tugas yang perlu kamu kerjakan dengan hasil yang lebih maksimal.
3. Hindari menunda-nunda
Hayo siapa di sini masih suka menunda-nunda? Pantas saja banyak tugas kamu yang berantakan, ternyata kamu suka menunda-nunda untuk melakukan sesuatu. Hmmm, yuk kita mulai ubah kebiasaan tersebut. Kamu tau ga sih sobat pelajar, kalu kamu menunda-nunda suatu pekerjaan, justru kamu menambah pekerjaan lainnya. Kok bisa? Karna kamu menyia-nyiakan waktu yang telah berlalu, alhasil tugas kamu jadi numpuk dan ga selesai. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan sering kali berkaitan erat dengan distraksi yang membuat kamu gagal buat jadi produktif. Distraksi bisa datang dari mana saja, misal dari smartphone, notifikasi pesan dan lain sebagainya. Makanya sebisa mungkin sebelum melakukan pekerjaanmu, minimalkan distraksi atau gangguan sejauh mungkin sehingga kamu bisa lebih fokus terhadap pekerjaan dan kamu ga menunda- nunda lagi deh.
4. Buat to-do list
Yap ini poin yang sangat penting. Kamu pati sering bertanya “Apa yang harus aku kerjakan duluan ya?” dan kamu sering kebingungan karena ga buat list pekerjaan/jadwal aktivitas harian mu terlebih dahulu. To-do list adalah serangkaian daftar kegiatan atau pekerjaan yang harus kamu lakukan. Kamu bisa menuliskannya di buku catatanmu, sticky notes atau aplikasi seperti Notion atau pun catatan di handphone kamu. Mudah banget kan? Kamu cukup list pekerjaan yang harus kamu lakukan dengan menerapkan poin-poin yag udah aku bahas sebelumnya.
Ketika kamu membuat to- do list, hidup kamu jadi lebih terarah dan teratur sehingga kamu ga bingung lagi. Dengan menerapkan strategi manajemen waktu yang telah kita bahas, kamu bukan hanya lebih produktif, tetapi juga bisa menikmati waktu untuk diri sendiri dan aktivitas yang kamu sukai. Ingatlah, bahwa setiap perubahan memerlukan waktu dan usaha dan kunci keberhasilan terletak pada konsistensi dan kesadaran akan prioritas. Jangan ragu untuk memulai karena setiap langkah kecil yang kamu ambil menuju pengelolaan waktu yang lebih baik akan membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-harimu. Jadi, ayo mulai ubah kebiasaanmu hari ini dan raih kesuksesan dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan! Selamat berjuang, sobat pelajar!
Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan menjadi solusi ditengah-tengah permasalahan yang telah dihadapi oleh sobat pelajar di luar sana. (***)